HANDOUT


OLEH KELOMPOK :
1.
AKMALUDIN
2.
NENI
LAELA HUSRAMDANI
DOSEN PENGAMPU : IMTIHAN, S.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU
PENDIDIKAN
SEKOLAH TINGGI
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP)
HAMZANWADI SELONG
T.A. 2011
Judul :
KERJASAMA DI
LINGKUNGAN TETANGGA
(
Kehidupan Bermasyarakat, Kerjasama Di
Dalam Masyarakat, Dan Manfaat Kerjasama)
Informasi Pendukung :
1. Buku
Refrensi
·
Buku pelajaran IPS ( Kajian Pengetahuan
Social) untuk kelas 3 SD.
·
Adisukarjo, Sudjatmoko. (2004). Kajian
Pengetahuan Sosial. Ghalia
Indonesia:2004.
2. Skenario
Pembelajaran
Terlampir
1.
3. Gambar
·
Gambar. 1.1
·
Gambar. 1.2
·
Gambar. 1.3
4. LKS
Terlampir
2
Lampiran 1.
SKENARIO PEMBELAJARAN
Jenjang Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Waktu
|
: Sekolah Dasar
: Ilmu Pengetahuan Sosial
: III / 1
: 2 x 35 menit
|
Sumber
Materi pokok
Kompetensi dasar
Indicator
|
: Buku pelajaran IPS ( Kajian
Pengetahuan Social) untuk kelas 3 SD
: Kerjasama Di Lingkungan Tetangga/
Masyarakat (Kehidupan Bermasyarakat, Kerjasama Didalam Masyarakat, Dan
Manfaat Kerjasama)
: siswa mampu menjelaskan
bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga dan masyarakat.
·
Menjelaskan kronologi tentang
kerjasam di dalam masyarakat
·
Mendeskripsikan peristiwa kerjasama
di dalam masyarakat
·
Menganalisis peristiwa kerjasama
di lingkungan masyarakat.
|
Kegiatan
awal
|
Waktu
|
Kegiatan
Inti
|
Waktu
|
Kegiatan
Akhir
|
waktu
|
1. Member
salam, mengabsen dan menanyakan keadaan anak-anak
2. Meminta
siswa menyebutkan bentuk peristiwa kerjasama di lingkungannya
3. Mengajukan
pertanyaan :
a) Bagaimana
rasanya jika lingkungan kita kotor ?
b) Taukah
anak-anak apa itu kerja sama?
4. Menyampaikan
tujuan dan manfaat kegiatan pembelajaran.
|
2 menit
2 menit
2 menit
2 menit
1 menit
|
1. Guru
menjelaskan tentang peristiwa kerjasama yang ada di lingkungan tetangga /
masyarakat.
2. Guru
menyuruh siswa mencatat berbagai macam bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga/ masyarakat yang pernah di lihat dan di jalankan.
3. Siswa
berdiskusi dengan teman sebayanya tentang kerjasama di lingkungan tetangga/
masyarakat.
4. Guru
dan siswa melakukan Tanya jawab hasil diskusi tentang peristiwa kerja
sama di lingkungan tetangga/
masyarakat.
|
3 menit
2 menit
5 menit
7 menit
|
1. Melalui
Tanya jawab siswa membuat kesimpulan tentang peristiwa kerjasama, tidak lepas
oleh bimbingan guru. Sambil mengisi LKS
2. Siswa
melakukan refleksi tentang kesimpulan yang sudah di buat
3. Guru
memberikan tugas/ PR.
|
5 menit
3 menit
1 menit
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
…………………………
|
Guru Kelas 3
……………………………
|
Handout IPS,
kelas 3 SD. Tentang :
KERJASAMA DI
LINGKUNGAN TETANGGA
(
Kehidupan Bermasyarakat, Kerjasama Di
Dalam Masyarakat, Dan Manfaat Kerjasama)
Dalam
kegiatan yang mengutamakan kepentingan bersama di perlukan kerjasama yang baik.
Tujuan kerjasama adalah untuk meringankan pekerjaan, menumbuhkan rasa
persaudaraan, dan pekerjaan cepat selesai.
a.
Kehidupan
Bermasyarakat
Sebuah
desa yang letaknya jauh dari kota, nama desa itu adalah gunung sari. Keadaan
desa itu aman dan tetteram, warganya rukun dan damai. Kehidupan mereka
sederhana, mereka senang bergotong royong. Gotong royong merupakan cirri warga
desa tersebut.
Warga
gunung sari rajin dan tekun bekerja. Pagi-pagi mereka sudah pergi kesawah dan
ada juga yagn pergi ke kebun. Mereka bisaa pergi bersama-sama. Begitu juga
waktu pulang pada sore hari. Hubungan mereka sangat akrab.
Hari
sudah agak malam. Banyak warga yang berniat pergi kebalai desa. Mereka akan menonton layar lebar.
“
pak karim, ayo kita pergi ke balai desa !” kata pak joyo
“ada
apa di sana pak ?” kata pak karim.
“sekarang
dibalai desa sudah ada layar lebar.”
Kata pak joyo
“wah,
wah, siapa yang membelinya ?” kata pak karim lagi.
“
kita semua yang membelinya,” kata pak joyo
“saya
tidak membelinya ,” kata pak karim heran
“sebulan
yang lalu kita sepakat bergotong-royong untuk membeli layar lebar. Uang kan
sudah terkumpul lalu kita beli layar lebar itu, kita suruh andi pratama yang
lebih tau n pengalaman untuk membelinya kita hanya menerima saja” kata pak joyo
“oh
begitu, maaf saya lupa. Ayo kita pergi kesana ajak juga pak karman dan yang
lainnya !” kata pak karim.
Merekapun
berangkat dan di jalan mereka bertemu dengan warga yang lainya. Mereka juga akan menonton layar lebar. Mereka
sangat senang, seolah-olah hilang rasa lelah setelah bekerja seharian. Lalu
mereka nonton bersama-sama sambil makan jajan yang mereka bawa masing-masing
dari rumah. Mereka bergaul akrab sekali. Hari sudah larut malam, dan acara
nonton bareng sudah selesai.warga desa bersama-sama pulang. Karena esok hari
mereka harus bekerja kembali.
Gambar
1.1 :
Keakraban Masyarakat sedang
menonton bareng


b.
Kerjasama
Didalam Masyarakat
Setiap
orang selalu berusaha agar badanya sehat. Supaya badan sehat kita perlu berolah
raga, seperti gerak jalan, tenis meja, renang, pencak silat, renang, lari dan
sebagainya.
Warga
desa gunung sari yang sangat menginginkan badan atau fisik yang tetap sehat dan
bugar supaya tetap bisa bekerja. Mereka sangat senang berolahraga. Olahraga
yang sangat mereka sukai adalah sepak bola.


Bahan
yang di perlukan sangat sederhana, tiang gawang terbuat dari bamboo sumbangan
salah satu warga. Serta bola di beli hasil dari pengumpulan dana sama rata.
Semua ini mereka lalukan dengan ikhlas. Semua warga meratakan tanah sedara suka
ria. Tidak ada yang saling mengandalkan. Kepala desa sangat senang, sebelum
mereka pulang bapak kepala desa berkata,
“bapak-bapak, ibu-ibu, dan adik-adik saya sangat gembira atas kerjasama yang
baik ini kerukunan seperti inilah yang harus kita teruskan.
Gambar
1.2 :
Bergotong Royong


c.
Manfaat
Kerjasama
Manfaat
kerjasama sangat bagus sekali bagi warga masyarakat dan setiap orang. Seperti
hal terjadi di desa gunning sari. Setiap tahun di desa diadakan lomba
kebersihan, setiap lomba disambut oleh warga dengan sengan, semua warga
mengetahui manfaat kebersihan. “kebersihan
adalah pangkal kesehatan dan kebersihan juga sebagaian dari iman.”
Jalan-jalan terlihat bersih, seluruh air lancer, pagar-pagar dari tanaman di
atur dengan baik, pagar yang dari bamboo di cat dengan warna putih dan warna
lainya.
Karna
sebulan lagi pak kepala desa akan mengadakan lomba kebersihan. “Oleh karena itu
setiap RW haris memimpin warganya membersihkan lingkungannya,” lanjut bapak
kepala desa. Setiap RW memimpin warganya untuk bekerja bakti serta ikut
membersihkan lingkungan.
Gambar
1.3 :
Masyarakat
bergotong membersihkan lingkungan





Lampiran 2
Lembar Kerja Siswa
Tulislah Bentuk Kerjasam Yang Ada
Di Lingkungan Kalian
NO
|
TEMPAT
|
BENTUK
KERJASAM
|
1
|
Keluarga
|
……
|
2
|
Tetangga
|
……
|
3
|
Masyarakat
|
……
|
4
|
……..
|
…….
|
5
|
……..
|
…….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar