Minggu, 15 Januari 2012

HANDOUT KERJASAMA


HANDOUT






OLEH KELOMPOK :
1.      AKMALUDIN
2.      NENI LAELA HUSRAMDANI

DOSEN PENGAMPU : IMTIHAN, S.Pd

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) HAMZANWADI SELONG
T.A. 2011
Judul :
KERJASAMA DI LINGKUNGAN TETANGGA
( Kehidupan Bermasyarakat, Kerjasama Di Dalam Masyarakat, Dan Manfaat Kerjasama)
Informasi Pendukung :
1.      Buku Refrensi
·         Buku pelajaran IPS ( Kajian Pengetahuan Social) untuk kelas 3 SD.
·         Adisukarjo, Sudjatmoko. (2004). Kajian Pengetahuan Sosial. Ghalia Indonesia:2004.

2.      Skenario Pembelajaran
Terlampir 1.
3.      Gambar
·         Gambar. 1.1
·         Gambar. 1.2
·         Gambar. 1.3
4.      LKS
Terlampir 2






Lampiran 1.
SKENARIO PEMBELAJARAN
Jenjang Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Waktu
: Sekolah Dasar
: Ilmu Pengetahuan Sosial
: III / 1
: 2 x 35 menit
Sumber

Materi pokok


Kompetensi dasar

Indicator
: Buku pelajaran IPS ( Kajian Pengetahuan Social) untuk kelas 3 SD
: Kerjasama Di Lingkungan Tetangga/ Masyarakat (Kehidupan Bermasyarakat, Kerjasama Didalam Masyarakat, Dan Manfaat Kerjasama)
: siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga dan masyarakat.
·         Menjelaskan kronologi tentang kerjasam di dalam masyarakat
·         Mendeskripsikan peristiwa kerjasama di dalam masyarakat
·         Menganalisis peristiwa kerjasama di lingkungan masyarakat.

Kegiatan awal
Waktu
Kegiatan Inti
Waktu
Kegiatan Akhir
waktu
1.      Member salam, mengabsen dan menanyakan keadaan anak-anak
2.      Meminta siswa menyebutkan bentuk peristiwa kerjasama di lingkungannya
3.      Mengajukan pertanyaan :
a)      Bagaimana rasanya jika lingkungan kita kotor ?
b)      Taukah anak-anak apa itu kerja sama?
4.      Menyampaikan tujuan dan manfaat kegiatan pembelajaran.
2 menit


2 menit




2 menit

2 menit

1 menit
1.      Guru menjelaskan tentang peristiwa kerjasama yang ada di lingkungan tetangga / masyarakat.
2.      Guru menyuruh siswa mencatat berbagai macam bentuk kerjasama di lingkungan tetangga/ masyarakat yang pernah di lihat dan di jalankan.
3.      Siswa berdiskusi dengan teman sebayanya tentang kerjasama di lingkungan tetangga/ masyarakat.
4.      Guru dan siswa melakukan Tanya jawab hasil diskusi tentang peristiwa kerja sama  di lingkungan tetangga/ masyarakat.
3 menit



2 menit




5 menit



7 menit
1.      Melalui Tanya jawab siswa membuat kesimpulan tentang peristiwa kerjasama, tidak lepas oleh bimbingan guru. Sambil mengisi LKS
2.      Siswa melakukan refleksi tentang kesimpulan yang sudah di buat
3.      Guru memberikan tugas/ PR.
5 menit



3 menit


1 menit

Mengetahui
Kepala Sekolah


…………………………
Guru Kelas 3



……………………………


Handout IPS, kelas 3 SD. Tentang :
KERJASAMA DI LINGKUNGAN TETANGGA
( Kehidupan Bermasyarakat, Kerjasama Di Dalam Masyarakat, Dan Manfaat Kerjasama)

Dalam kegiatan yang mengutamakan kepentingan bersama di perlukan kerjasama yang baik. Tujuan kerjasama adalah untuk meringankan pekerjaan, menumbuhkan rasa persaudaraan, dan pekerjaan cepat selesai.
a.      Kehidupan Bermasyarakat
Sebuah desa yang letaknya jauh dari kota, nama desa itu adalah gunung sari. Keadaan desa itu aman dan tetteram, warganya rukun dan damai. Kehidupan mereka sederhana, mereka senang bergotong royong. Gotong royong merupakan cirri warga desa tersebut.
Warga gunung sari rajin dan tekun bekerja. Pagi-pagi mereka sudah pergi kesawah dan ada juga yagn pergi ke kebun. Mereka bisaa pergi bersama-sama. Begitu juga waktu pulang pada sore hari. Hubungan mereka sangat akrab.
Hari sudah agak malam. Banyak warga yang berniat pergi kebalai desa.  Mereka akan menonton layar lebar.
“ pak karim, ayo kita pergi ke balai desa !” kata pak joyo
“ada apa di sana pak ?” kata pak karim.
“sekarang dibalai desa  sudah ada layar lebar.” Kata pak joyo
“wah, wah, siapa yang membelinya ?” kata pak karim lagi.
“ kita semua yang membelinya,” kata pak joyo
“saya tidak membelinya ,” kata pak karim heran
“sebulan yang lalu kita sepakat bergotong-royong untuk membeli layar lebar. Uang kan sudah terkumpul lalu kita beli layar lebar itu, kita suruh andi pratama yang lebih tau n pengalaman untuk membelinya kita hanya menerima saja” kata pak joyo
“oh begitu, maaf saya lupa. Ayo kita pergi kesana ajak juga pak karman dan yang lainnya !” kata pak karim.
Merekapun berangkat dan di jalan mereka bertemu dengan warga yang lainya.  Mereka juga akan menonton layar lebar. Mereka sangat senang, seolah-olah hilang rasa lelah setelah bekerja seharian. Lalu mereka nonton bersama-sama sambil makan jajan yang mereka bawa masing-masing dari rumah. Mereka bergaul akrab sekali. Hari sudah larut malam, dan acara nonton bareng sudah selesai.warga desa bersama-sama pulang. Karena esok hari mereka harus bekerja kembali.
Gambar 1.1 :
Keakraban Masyarakat sedang menonton bareng





b.      Kerjasama Didalam Masyarakat
Setiap orang selalu berusaha agar badanya sehat. Supaya badan sehat kita perlu berolah raga, seperti gerak jalan, tenis meja, renang, pencak silat, renang, lari dan sebagainya.
Warga desa gunung sari yang sangat menginginkan badan atau fisik yang tetap sehat dan bugar supaya tetap bisa bekerja. Mereka sangat senang berolahraga. Olahraga yang sangat mereka sukai adalah sepak bola.
Warga gunung sari belum memiliki lapangan yang baik, atas saran pak kepala desa, warga membuat lapangan sepak bola secara bergotong royong. Pak joyo dan pak karim sebagai salah satu orang yang sangat berpengaruh di desa gunung sari mulai merancang dan mengukur lapangan, kira-kira ukuran ¼ dari lapangan sepak bola besar. Sedangkan warga yang lainnya meratakan tanah.
Bahan yang di perlukan sangat sederhana, tiang gawang terbuat dari bamboo sumbangan salah satu warga. Serta bola di beli hasil dari pengumpulan dana sama rata. Semua ini mereka lalukan dengan ikhlas. Semua warga meratakan tanah sedara suka ria. Tidak ada yang saling mengandalkan. Kepala desa sangat senang, sebelum mereka pulang  bapak kepala desa berkata, “bapak-bapak, ibu-ibu, dan adik-adik saya sangat gembira atas kerjasama yang baik ini kerukunan seperti inilah yang harus kita teruskan.
Gambar 1.2 :
Bergotong Royong


c.       Manfaat Kerjasama
Manfaat kerjasama sangat bagus sekali bagi warga masyarakat dan setiap orang. Seperti hal terjadi di desa gunning sari. Setiap tahun di desa diadakan lomba kebersihan, setiap lomba disambut oleh warga dengan sengan, semua warga mengetahui manfaat kebersihan. “kebersihan adalah pangkal kesehatan dan kebersihan juga sebagaian dari iman.” Jalan-jalan terlihat bersih, seluruh air lancer, pagar-pagar dari tanaman di atur dengan baik, pagar yang dari bamboo di cat dengan warna putih dan warna lainya.
Karna sebulan lagi pak kepala desa akan mengadakan lomba kebersihan. “Oleh karena itu setiap RW haris memimpin warganya membersihkan lingkungannya,” lanjut bapak kepala desa. Setiap RW memimpin warganya untuk bekerja bakti serta ikut membersihkan lingkungan.
Gambar 1.3 :
Masyarakat bergotong membersihkan lingkungan
masayarakat bergotong royong saling bahu membahu bersih-bersih




Lampiran 2
Lembar Kerja Siswa

Tulislah Bentuk Kerjasam Yang Ada Di Lingkungan Kalian

NO
TEMPAT
BENTUK KERJASAM
1
Keluarga
……
2
Tetangga
……
3
Masyarakat
……
4
……..
…….
5
……..
…….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar